Key-In RAS (Registration Akademik Semester) merupakan proses memasukan atau mendaftarkan beberapa mata kuliah yang akan diambil pada semester yang akan dijalani, biasa nya mata kuliah yang diambil tergantung dari perolehan total sks yang kita dapatkan berdasarkan “Nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif), dimana maksimumnya hanya sampai 24SKS. Key-In RAS wajib dilakukan sekalipun sudah tutup teori hingga mahasiswa dinyatakan lulus ujian akhir (pendadaran).

Dalam meregistrasikan / mendaftarkan mata kuliah yang diinginkan, mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih sepanjang tercantum di daftar Mata Kuliah yang ditawarkan pada semester yang akan berjalan (lihat DISINI). dengan syarat:

  1. Mahasiswa harus sudah melunasi pembayaran SPP.
  2. Mahasiswa tidak sedang berstatus CUTI AKADEMIK.
  3. Mahasiswa dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani.
  4. Mata kuliah yang akan diregistrasikan untuk di ambil tidak boleh melanggar mata kuliah prasyarat dengan minimal nilai mata kuliah prasyaratnya adalah “D”.
  5. Diprioritaskan untuk mengambil Mata Kuliah Wajib pada semester yang akan dijalani terlebih dahulu, lalu jika ada kelebihan sisa SKS maka mahasiswa diperbolehkan untuk mengambil mata kuliah pada semester atas dengan catatan mata kuliah atas yang boleh diambil memenuhi prasyarat berikut:
    • Mata kuliah atas diambil jika jadwalnya tidak berbenturan dengan jadwal mata kuliah wajib.
    • Mata kuliah atas konsentrasi dipilih sesuai dengan bidang keilmuan yang diminati atau sesuai dengan konsentrasi yang sudah dipilih. (untuk lebih jelasnya mengenai konsentrasi silahkan KLIK DISINI).
    • Mata kuliah atas lanjutan minimal prasyarat mata kuliah sebelumnya “D” atau dinyatakan lulus.

Untuk informasi lebih lanjut, mahasiswa dapat menanyakanya langsung kepada dosen wali masing-masing.