Perkembangan Informasi Teknologi dan Komunikasi memberikan dampak yang signifikan dalam beberapa aspek kehidupan masyarakat. Salah satunya dalam aspek pendidikan. Masyarakat dapat dengan mudah memperoleh pengetahuan atau wawasan dari internet. Beberapa waktu kebelakang dimana Buku adalah jendela dunia, mungkin saat ini tidak berlaku karena teknologi sudah mengambil alih peranan. Dan kini Indonesia dihadapkan dengan tantangan era Evolusi Industri 4.0 dalam berbagai hal.

Kuliah berbasis internet (daring/e-learning) dimana mahasiswa dapat berinteraksi dengan dosen pemateri melalui sosial media secara live streaming, mengakses, mengunduh / mendownload materi yang disajikan berdasarkan capaian target Satuan Acara Perkuliahan untuk memperoleh dan memaknai pengetahuan, serta mengembangkan diri lewat pengalaman belajar.

Singkat kata kuliah daring sendiri dapat dipahami sebagai pendidikan formal yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang peserta didiknya dan instrukturnya (dosen) berada dilokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya.

Persiapan Sistem Pembelajaran Daring
Untuk persiapan sistem ini, perguruan tinggi harus banyak melakukan persiapan, seperti pembenahan dan revitalisasi baik dari segi infrastruktur, sarana prasarana dan sumberdaya.

  1. Sarana Prasarana
    Salah satu yang harus disiapkan oleh perguruan tinggi adalah sarana prasarana seperti platform dan tools yang dipakai dalam melaksanakan perkuliahan daring, yang menjadi aspek fasilitas terpenting yaitu data kampus dan informasi yang harus disampaikan dengan baik untuk kalangan pendidik maupun yang dididik.
  2. SDM yang mumpuni
    Untuk memanfaatkan dan memaksimalkan program ini, tentunya kampus harus mempersiapkan SDM yang mengetahui tentang sistem yang akan digunakan. seperti platform yang akan digunakan dan mempersiapkan penanggung jawab bahan materi dan kebutuhan lainya.
  3. Akreditasi
    Akreditasi juga menjadi salah satu faktor yang harus disiapkan, karena dengan akreditasi kualitas perguruan tinggi akan dipercaya oleh calon mahasiswa baru, seandainya prodi masih berakreditasi C tentu yang akan daftar di program perkuliahan daring pun akan ragu dan masih berfikir ulang untuk daftar di kampus. Dengan Perkuliahan Daring ini menjadi salah satu solusi perkuliahan yang dapat menghemat waktu dan tenaga dari mahasiswa maupun dosen.

Saat ini, yang termasuk dalam kategori Perkuliahan Daring meliputi Mata Kuliah yang ditawarkan suatu program studi baik melalui situs http://te.umtas.ac.id/mata-kuliah/ atau situs Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Indonesia yang dikelola Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdiskti.

Please click e-Learning which located on the top right side menu, then you have to get password from admin to access all those resource.